Senin, 01 Oktober 2012

Dari Zaman Batu menuju Zaman Komputer Langit

Perkembangan teknolgi memang sangatlah luar biasa. Dahulu kita mengenal istilah Komputer yang berarti menghitung (Computare) saat ini kita mengenalnya dengan istilah Information Communication Technology  atau dalam bahasa indonesianya TIK.
Nah, sebenarnya apa sich itu IT, ICT dan perkembangan yang sekarang dikenal Cloud Computer/ ICCT (Information Communication Collaboration Technology).
Sebelum membahas secara ringkas tentang 3hal tersebut, mari kita definisikan satu-persatu kata-kata tersebut. Informasi sebenarnya adalah sebuah kata yang sering kali kita gunakan namun ketika ditanya? Perlu 3-5 detik untuk mendefinisikan kata tersebut, begitu pula kata komunikasi.
Informasi  dan komunikasi sebetulnya mempunyai makna yang hampir sama, hanya informasi lebih universal. Informasi dapat memanipulasi pesan dan mengolahnya untuk disampaikan kepada orang lain. Sedangkan komunikasi hanya sekedar menyampaikan pesan. Informasi dan komunikasi merupakan sejarah kebutuhan manusia sebagai makhluk yang tidak dapat hidup sendiri.
Sementara computer  (teknologi) merupakan bukti kemajuan kecerdasan manusia yang didesak oleh sebuah kebutuhan. Berawal dari batu, tembok, bahasa isyarat, mesin mekanik tanpa listrik dan software. Hingga teknologi yang tanpa melakukan instalasi (cloud computer)

Informasi Teknologi merupakan perpaduan dari kata informasi dan teknolgi yang telah dijabarkan diatas. Menyampaikan informassi dengan media teknolgi. Contohnya : Komputer, Televisi, Radio dkk.
Information Communication Technology  perpaduan tiga kata diatas, selain sebagai menyampaikan informasi dengan teknologi juga memanipulasi informasi dari media ke media. Contoh : Komputer Digitalisasi (wireless)
Information Communication Collaboration Technology acap kali disebut Cloud Computer (Generasi Komputer masa depan).  Contohnya : google Maps, Yahoo Maps, Facebook, Skytap, windows mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar